Selasa 04 Mar 2014 10:06 WIB

Sultan Sepuh XIV Cirebon Mantu Lagi

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kesultanan Cirebon
Foto: wordpress.com
Kesultanan Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON – Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, akan menikahkan putrinya, Ratu Raja Siti Fatimah Nurkhayani Natadiningrat, Kamis (13/3) mendatang. Sang putri akan dinikahi kekasihnya, Muhammad Akbar. 

 

Sultan menjelaskan, akad nikah putri satu-satunya itu akan dilaksanakan pukul 13.00 WIB.  Namun sebelum itu, akan dilaksanakan prosesi siraman di Keraton Kasepuhan Kota Cirebon,  Rabu (12/3) pukul 08.00 WIB. ‘’Untuk resepsinya akan dilaksanakan pada Sabtu (15/3),’’ ujar Sultan kepada Republika, Selasa (4/3).

 

Sultan menambahkan, rangkaian adat dalam pernikahan putrinya itu nanti hampir sama dengan pernikahan putranya, PR Luqman Zulkaedin, November 2013 lalu. PR Luqman yang merupakan putra mahkota Keraton Kasepuhan Cirebon, menikahi Ratih Marlina, di Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. 

 

Saat itu, sebelum akad nikah, PR Luqman menjalani prosesi sungkeman dan siraman. Setelah akad nikah, prosesi adat selanjutnya berupa temon, sungkeman, injek tigan, banting kendi tutupe tigan, pupugan, dan diakhiri adep-adep sekul. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement