Ahad 23 Feb 2014 11:10 WIB

Warga Dukung Pemkab Perjuangkan 'Boalemo Sail'

Terumbu Karang (Ilustrasi)
Terumbu Karang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Sejumlah warga di Provinsi Gorontalo mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo untuk memperjuangkan hajatan "Boalemo Sail" dilaksanakan di daerah itu tahun 2015.

"Ini terobosan pemkab untuk mengenalkan Kabupaten Boalemo ke tingkat nasional dan mancanegara," kata Deddy M, salah satu mahasiswa yang berasal dari ibukota Boalemo, Tilamuta.

Pelaksanaan Boalemo Sail bisa memberikan keuntungan positif bagi daerah, terutama mempromosikan potensi kebaharian di daerah, karena Boalemo yang berada langsung di Teluk Tomini itu, banyak akan kekayaan laut.

Menurutnya, jika dikelolah dengan baik akan menghasilkan sektor pariwisata kebaharian yang bisa dikenal di dunia, karena Teluk Tomini kaya akan terumbu karang dan keanekaragaman hayati.

Kemudian sektor sumber daya alam sangat banyak, baik dari bidang kehutanan, pertambangan, pertanian hingga sektor-sektor lain yang penting.

"Kalau bisa pemkab gencar melakukan promosi dan sosialisasi terus kegiatan ini, melobi pemerintah pusat agar kegiatan ini bisa digelar di Boalemo. Kota Manado (Sulawesi Utara) berhasil menggelar "Bunaken Sail" dan cepat dikenal di dunia, ini harus diikuti Kabupaten Boalemo," jelas Yanto, warga Kota Gorontalo.

Sebelumnya, Bupati Boalemo Rum Pagau telah memprioritas hajatan Boalemo Sail tetap akan digelar di daerah itu tahun 2015 mendatang.

Bahkan pemkab setelah telah melakukan berbagai lobi hingga ke pemerintah pusat, agar kegiatan yang melibatkan beberapa negara sahabat ini tetap dilaksanakan di daerah itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement