Kamis 20 Feb 2014 22:15 WIB

DIY Siap Bantu Kirim Tim Asistensi Anggaran Kelud

Sri Sultan Hamengku Buwono X
Sri Sultan Hamengku Buwono X

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Pemerintah Provinsi, Kota, dan Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap mengirimkan tim asistensi administrasi dan penganggaran bencana Gunung Kelud kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota Kediri.

"Jika dikehendaki, kami akan kirimkan tim asistensi agar Pemerintah Daerah Kediri tidak salah langkah dalam sistem manajemen dan administrasi pemerintahan," kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di posko utama Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Pengungsi Kediri, Jawa Timur, Kamis.

Sri Sultan mengatakan Pemerintah Daerah Yogyakarta mempunyai pengalaman tentang administrasi dan penganggaran bencana karena Gunung Merapi meletus setiap empat tahun sekali dan terakhir pada 2010.

"Harapannya, kami dapat menularkan pengalaman-pengalaman kami tentang bagaimana mendesain rehabilitasi dan rekonstruksi agar masyarakat memperoleh manfaat yang besar," katanya.

Sri Sultan juga mengimbau Pemda Kediri agar lebih awal minta bantuan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan agar tidak salah mengelola anggaran bantuan di APBD Kediri, bantuan dari APBD Provinsi Jawa Timur, bantuan dari APBN, ataupun bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

"Termasuk bantuan dari pihak ketiga, baik dari pemerintah daerah lain seperti kami ataupun bantuan dari swasta. Satuan Kerja Perangkat Daerah harus cermat mengelola administrasinya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement