Jumat 14 Feb 2014 14:27 WIB

Hadapi Abu Vulkanik, Air Tangki dan Masker Disediakan

Rep: Yulianingsih/ Red: Bilal Ramadhan
Suasana di Simpang Lima Gumul Kecamatan Pare, Kediri, yang tertutup abu Vulkanik Gunung Kelud (Ilustrasi)
Foto: Republika/Nura
Suasana di Simpang Lima Gumul Kecamatan Pare, Kediri, yang tertutup abu Vulkanik Gunung Kelud (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA-- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Agus Winarta, pihaknya bekerjasama dengan TNI-Polri dalam pembersihan jalan protokol dari abu vulkanik.

"Sedikitnya ada 10 mobil tangki kita kerahkan. Sehari ini (Jumat) jalan-jalan protokol kita prioritaskan bersih," kata Agus Winarta, Jumat (14/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja, Fita Yulia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan seratus ribu masker di setiap puskesmas untuk diditribusikan kepada warga. Pembagian masker gratis tersebut dilakukan  melalui puskesmas dan kecamatan.

Pihaknya juga menyiapkan obat-obatan untuk penyakit pernafasan. ”Untuk masker gratis tetapi untuk kebutuhan obat sesuai aturan yang ada melalui puskesmas untuk didata dan warga yang memiliki KTP Yogyakarta gratis," ujar Fita.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan RS Jogja untuk mengantisipasi melonjaknya pasien akibat penyakit pernafasan dan mata. Setiap puskesmas untuk terus berkoodinasi dengan pihak RS Jogja apabila terjadi lonjakan pasien nantinya.

”Saya harap tidak ada lonjakan pasien kalaupun ada kami sudah siap mengantisipasi di tingkat pusekesmas dan koordinasi dengan RS Jogja,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement