Senin 10 Feb 2014 20:48 WIB

Wagub Harap Generasi Muda Kembangkan Nilai Kujang

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kujang
Foto: Antara
Kujang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Kujang, merupakan perkakas warisan dari leluhur Jabar. Oleh karena itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar berharap kujang ini dipelajari secara mendalam oleh generasi muda. Bahkan, generasi muda harus lebih hebat dan mengembangkan nilainya dalam industri kreatif. 

''Jadi, warisan budaya ada manfaatnya untuk generasi muda. Selain mengembangkan nilai-nilai, memiliki nilai kreatif,'' ujar Deddy kepada wartawan di Gebyar Pesona Kujang, Senin (10/2).

Menurut Deddy selain pengembangan nilai, kujang juga perlu diperluas manfaatnya. Kalau  nenek moyang kita hebat, karena bisa membuat kujang, maka harusnya generasi penerus bisa lebih hebat.

Deddy pun, memberikan pujian atas terbitnya buku mengenai kujang berjudul 'Pesona Jejak Budaya Kujang'. Buku mengenai kujang ini, diharapkan bisa menjadi pemicu adanya buku sejarah budaya Jabar lainnya.

"Ini (buku kujang) sangat bermanfaat agar nilai-nilai  budaya berkembang. Salah satunya dari perkakas kujang agar bisa dipelajari generasi muda dan dihayati nilai-nilai filosofisnya itu dikenal juga," kata Deddy.

Sebagai warga Jabar, kata dia,harus bangga dengan warisan leluhur ini. Karena, nenek moyang dulu bisa membuat perkakas yang nilai budayanya sangat tinggi.

 

Selain diisi dengan peluncuran buku, Acara Gebyar Kujang tersebut, diisi juga dengan pameran. Berbagai jenis kujang, dipamerkan selama acara berlangsung. Deddy, membuka acara gebyar itu ditandai dengan memukul gong.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement