Kamis 06 Feb 2014 17:57 WIB

Menhut Siapkan Hutan Produksi untuk Pengungsi Sinabung

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pengungsi Sinabung
Foto: Antara
Pengungsi Sinabung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berencana untuk melakukan relokasi terhadap warga pengungsi yang tinggal di radius tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 9 ribu hektar di lahan hutan produksi untuk relokasi warga Sinabung.

"Kita menawarkan kawasan kita di Kabanjahe (Kabupaten Karo) sekitar 9 ribu hektar di hutan produksi," kata Menhut Zulkifli Hasan yang ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2).

Zulkifli menjelaskan, jika Pemerintah Kabupaten Karo tidak sanggup untuk menyediakan lahan untuk relokasi warga Sinabung, maka Kemenhut akan menyediakan lahan tersebut sebagai lahan relokasi. Akan tetapi, lahan tersebut agak jauh dari Sinabung yaitu sekitar 20 kilometer.

Memang ada lahan yang dekat dari Gunung Sinabung, namun statusnya sebagai Tanam Nasional Gunung Leuser. Dalam taman nasional, lanjutnya, tidak diperbolehkan dijadikan sebagai pemukiman.

"Taman nasional tidak boleh jadi pemukiman. Lagipula panjang sekali prosesnya, dari bupati sampai ke DPR," jelas kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement