Kamis 06 Feb 2014 00:06 WIB

Rencong Penuhi Syarat Sebagai Warisan Budaya Dunia

Rencong
Foto: kebudayaanindonesia.net
Rencong

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Rencong bagi masyarakat Aceh tidak hanya dianggap sebagai pusaka tradisional. Senjata ini juga dianggap memiliki nilai sejarah tinggi, karena pernah digunakan ketika melawan penjajah Belanda. Karena itu Rencong pun dinilai pantas menjadi warisan karya budaya dunia.

Hal ini diungkapkan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh-Sumatera Utara (Sumut),Cut Irini. Menurutnya salah satu senjata tradisional Aceh itu sudah memiliki persyaratan lengkap baik secara data tertulis, maestronya dan bentuk data audio visual untuk diajukan sebagai salah satu warisan budaya.

Berlandaskan itu pihaknya mengaku akan mengusulkan rencong menjadi warisan karya budaya dunia. Dan untuk mencapai itu, Rencong harus lebih dulu ditetapkan sebagai warisan budaya nasional.  

"Untuk menjadi warisan budaya dunia tentu harus diusul terlebih dahulu menjadi warisan budaya nasional melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan," kata Cut Irini di Banda Aceh, Rabu (5/2).

Menurut dia, pengajuan rencong sebagai salah karya budaya dunia untuk tingkat nasional khususnya dan dunia nantinya merupakan sebuah upaya yang harus dilakukan dan perlu ditindaklanjuti lebih mendalam dengan sejarawan serta ada penetapan dari pemerintah Aceh bahwa rencong milik Aceh.

"Artinya selain adanya sertifikat tercatat rencong sebagai warisan budaya di BPNB, Pemerintah Aceh juga perlu menetapkan bahwa benda tersebut merupakan milik provinsi tersebut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement