Ahad 02 Feb 2014 23:00 WIB

Marzuki Alie: Bencana Sinabung Perlu Ditetapkan Jadi Bencana Nasional

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Nidia Zuraya
Warga menyaksikan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/2).  (AP Photo)
Warga menyaksikan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (1/2). (AP Photo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI, Marzuki Alie meminta pemerintah untuk menyatakan bencana Gunung Sinabung sebagai bencana nasional. Ini perlu dilakukan  agar para korban bencana ditangani  dengan lebih baik.

Memang, ujar Marzuki, untuk penetapan itu syaratnya belum memadai, tapi melihat kondisi para pengungsi dan juga banyaknya korban yang jatuh penetapan sebagai bencana nasional memang tidak bisa dihindari. “Saya menghimbau pemerintah pusat agar menetapkan bencana Gunung Sinabung sebagai bencana nasional," ujarnya, Ahad, (2/2).

Memang syarat untuk itu, kata Marzuki, belum terpenuhi karena pemerintah daerah disana masih bisa berjalan namun melihat kondisi korban bencana, dibutuhkan tangan pusat untuk menanggulanginya. Pemerintah daerah menurut akan kewalahan menangani korban bencana Gunung Sinabung jika dibiarkan menanggulangi sendiri.

Lamanya bencana, terang Marzuki,  membuat para korban Gunung  Sinabung  semakin menderita dan korban kemungkinan akan terus bertambah jika tidak ditangani dengan baik. “Perlu pusat yang mengkoordinasikan, BNPB harus turun tangan secara penuh dalam penanggulangan bencana disana,"terangnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement