Jumat 24 Jan 2014 10:31 WIB

Kiai Sahal Meninggal, MUI: Umat Islam Kehilangan Tokoh Besar

KH Sahal Mahfudz
Foto: edi yusuf/republika
KH Sahal Mahfudz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam kehilangan tokoh besar dengan meninggalnya ulama kharismatik KH Dr Muhammad Ahmad Sahal Mahfudz, di Pati, Jawa Tengah, Jumat (24/1) dini hari.

"Sepanjang hidupnya dihabiskan untuk berkhidmat pada kepentingan umat," ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia, KH Amidhan di Jakarta, Jumat.

Kiai Sahal menjabat sebagai Ketua MUI selama tiga periode, kemudian Rais Aam PBNU. Menurut dia, mendiang juga teguh menjunjung prinsip keumatan, misalnya dalam hubungan umat beragama dan mengedepankan harmonisasi umat beragama.

"Beliau selalu mengeluarkan fatwa yang hakiki dan sangat berhati-hati. Juga fatwa yang dikeluarkan memberikan solusi," katanya.

Amidhan menjelaskan berbagai fatwa mengenai masalah sosial, lingkungan, kesehatan didekati melalui pandangan fikih. "Umat Islam sangat kehilangan dengan meninggalnya beliau," ujar Amidhan.

Ia berkata, ingin sekali datang ke pemakaman Kiai Sahal. Namun, hal itu sulit dilakukan karena banjir mengepung jalan dari Semarang ke Pati.

Kiai Sahal meninggal dunia karena sakit komplikasi yang dideritanya. Pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah, itu wafat pada usia 77 tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement