Kamis 23 Jan 2014 21:25 WIB

Menkes Siap Laksanakan Perintah Presiden Terkait Tanggap Bencana

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Joko Sadewo
Menkes Nafsiah Mboi
Foto: Antara
Menkes Nafsiah Mboi

REPUBLIKA.CO.ID, KABANJAHE- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengumpulkan sejumlah menteri dan pejabat daerah pada malam ini untuk memutuskan penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menilai pihaknya siap untuk melaksanakan apapun yang akan diperintahkan Presiden SBY. 

"Kita sudah persiapkan karena Indonesia memang rawan bencana, kita sudah siap untuk tanggap darurat untuk bencana," kata Nafsiah Mboi kepada Republika di sela-sela acara kunjungan Presiden SBY di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut, Kamis (23/1). Nafsiah menilai empat hal yang diinstruksikan Presiden SBY sangat baik karena memfokuskan bagaimana upaya penyelamatan dan tidak ada korban jiwa dalam penanganan bencana. 

Selain itu, pelayanan terhadap para pengungsi untuk makan, minum, pendidikan dan kesehatan juga harus terjamin. Untuk jangka panjang juga harus merelokasi warga yang tinggal di radius tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung. 

Mengenai pengungsi yang terdiri dari ibu hamil, lansia dan anak-anak di tempat pengungsian, ia menjamin sudah ada petugas yang siap siaga untuk menjamin kesehatan mereka. Petugas kesehatan di lokas bencana sudah terlatih. Persediaan obat-obatan di lokasi bencana juga sudah disediakan, bahkan sudah ada buffer Stockdi tiap provinsi. "Persediaan obat sudah lebih dari cukup persediaan di kabupaten dan dari kami sudah banyak sekali," jelasnya. 

Mengenai krisis persediaan darah yang sempat terjadi di pengungsian bencana Gunung Sinabung, menurutnya hal itu bukan kewenangan dari pusat. Hal itu sudah menjadi kewenangan Palang Merah Indonesia (PMI) di daerah, tidak bisa dari luar karena ambil darahnya dari daerah yang bersangkutan. "Tapi itu di seluruh Indonesia dan sudah ada sarananya (di setiap daerah)," tegas Nafsiah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement