Rabu 22 Jan 2014 11:18 WIB

Jokowi Sebut Tanggul Tebet Tidak Jebol, Hanya Meluap

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
Joko Widodo
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi banjir di Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (22/1). Dengan menggunakan perahu karet, Jokowi yang ditemani Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor menyusuri rumah warga yang sudah terendam air setinggi dada orang dewasa. 

Dia meninjau lokasi tanggul jebol yang disebut-sebut warga sebagai penyebab banjir. Usai meninjau, Jokowi menyimpulkan, tanggul tidak jebol. Menurut mantan wali kota Solo tersebut, turap tanggul terlalu rendah sehingga air meluap.

"Airnya melimpas, bukan jebol. Tanggulnya kurang tinggi dan airnya memang gede," katanya didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudy Siahaan. 

Menurut Jokowi, langkah darurat yang bisa dilakukan pemerintah saat ini yaitu dengan meninggikan turap tanggul dengan karung pasir. Dia menjanjikan, pekerjaan tersebut akan langsung dikerjakan siang ini. 

Lurah Kebon Baru Bambang Suhada mengatakan, ada enam RW yang terendam air akibat tanggul yang tak dapat lagi menampung aliran air Kali Ciliwung. Saat ini ada dedlapan warga yang mengungsi akibat luapan kali tersebut.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement