Ahad 29 Dec 2013 21:05 WIB

Pemerintah Bangun Dermaga Evakuasi Warga Mentawai

The map of Mentawai
Foto: mentawaiadventure.com
The map of Mentawai

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan akan membangun dermaga penyeberangan yang bisa berfungsi sebagai jalur evakuasi tsunami yang terdekat untuk warga di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

"Kalau jadi pemerintah pusat membangun dermaga penyeberangan tahun 2014, lokasinya di Padang Panaek," kata Kabid Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Sahbani, di Mukomuko, Ahad.

Sahbani mengatakan, pembangunan dermaga penyeberangan tersebut mengambil rute penumpang dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu ke Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Menurut dia, selain sebagai dermaga yang dapat melayani angkutan orang dengan muatan sebanyak 20 orang, juga berfungsi sebagai tempat evakuasi tsunami bagi warga Kepulauan Mentawai.

Karena, kata dia, jarak daerah itu dengan Kepulauan Mentawai dekat sehingga dermaga itu sangat membantu untuk jalur evakuasi tsunami.

"Dengan adanya dermaga itu, kegiatan evakuasi selain lewat udara, juga bisa mengunakan lewat laut," ujarnya lagi.

Ia mencontohkan, seperti kejadin gempa tahun 2010. Bandara di daerah itu yang digunakan sebagai evakuasi warga Mentawai karena jaraknya lebih dekat ketimbang ke Sumbar.

Selain itu, ia berharap, keberadaan dermaga yang berada dekat pusat pendaratan ikan (PPI) di daerah itu memberikan dampak ekonomi bagi warga dan nelayan setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement