Rabu 18 Dec 2013 11:13 WIB

'Si Doel' Jadi Gubernur Banten?

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Citra Listya Rini
Rano Karno
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Rano Karno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Si Doel alias Rano Karno bakal menjadi Gubernur Banten? Bukan tidak mungkin karena Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan status tersangka terhadap Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah sebagai tersangka.

Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung mengatakan Rano Karno otomatis menjadi Gubernur Banten lantaran Atut kini berstatus tersangka. "Ya kalau itu (Rano Karno menggantikan Atut) otomatis," kata Pramono di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12).

Namun, Pramono mengaku belum membicarakan masalah terkait penetapan tersangka terhadap Atut dengan Rano Karno yang merupakan kader PDI Perjuangan. "Belum ada," ujar politisi PDI Perjuangan ini. 

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad mengumumkan hasil ekspose atau gelar perkara pimpinan dan tim penyidik KPK pada Selasa (17/12) lalu. Hasil gelar perkara ini memutuskan Atut sebagai tersangka dalam dua kasus sekaligus.

 

Atut menjadi tersangka kasus suap penanganan sengketa pilkada Kabupaten Lebak dan kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan alat-alat kesehatan (alkes) di Pemprov Banten pada Tahun Anggaran 2010-2012.

Karier politik Ratu Atut Chosiyah berawal dari menjadi Wakil Gubernur Banten mendampingi Djoko Munandar sebagai Gubernur Banten pada 2002. Jabatan Djoko dicopot karena terseret kasus korupsi sehingga membuat Atut menjadi Gubernur perempuan pertama di Indonesia.

Pada 2007, Atut juga menjadi Gubernur Banten terpilih yang berpasangan dengan Mohammad Masduki. Pada pilkada 2012, Atut kembali terpilih untuk kedua kalinya berpasangan dengan pemeran 'Si Doel' dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan', Rano Karno yang didukung 33 partai politik.

Seolah kejadian yang berulang, Atut yang menggantikan Gubernur Banten sebelumnya yang terjerat kasus korupsi, kini Atut tinggal menunggu waktu untuk digantikan Rano Karno sebagai Gubernur Banten. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan segera mencopot jabatan Atut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement