Senin 16 Dec 2013 23:07 WIB

Jokowi: Waduk Ria Rio Akan Ditanami Ribuan Pohon

Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Yasin Habibi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menanam ribuan pohon pelindung di sekitar area Waduk Ria Rio yang terletak di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

"Saat ini kami terus berupaya menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Salah satunya, dengan cara menanam ribuan pohon pelindung di sekitar Waduk Ria Rio," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Jakarta, Senin (16/12).

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, terdapat tiga jenis pohon utama yang akan ditanam di area tersebut yai mahoni, flamboyan dan trembesi.

"Kalau totalnya nanti akan ada sebanyak 9.200 pohon yang ditanam dan jenisnya macam-macam. Tapi, pohon mahoni, pohon flamboyan dan pohon trembesi akan jadi jenis pohon utama," ujar Jokowi.

Selain menambah luas RTH di wilayah ibukota, Jokowi menuturkan tujuan penanaman ribuan pohon tersebut adalah menjadikan Waduk Ria Rio sebagai hutan lindung.

"Ribuan pohon itu nantinya akan berfungsi melindungi Waduk Ria Rio. Waduk ini kan terletak di pinggir jalan raya, jadi harus ada semacam pembatasnya, tidak terbuka begitu waduknya," tuturnya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan pohon-pohon tersebut akan ditanam dengan jarak sekitar satu meter antara pohon satu dengan pohon yang berada disebelahnya.

"Kami tidak mau kasih jarak yang terlalu jauh. Kami mau jarak pohon itu rapat-rapat untuk menimbulkan kesan rindang, rimbun dan terlihat semakin sejuk," ungkap Jokowi.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement