Rabu 11 Dec 2013 09:05 WIB

Antisipasi Lonjakan Penumpang KAI Tambah Kereta

Rep: bowo pribadi/ Red: Taufik Rachman
 Penumpang turun dari kereta api Fajar Utama Yogya yang baru tiba di Stasiun Senen, Sabtu (10/8).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Penumpang turun dari kereta api Fajar Utama Yogya yang baru tiba di Stasiun Senen, Sabtu (10/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG— PT Kereta Api Daop IV menyiapkan dua kereta tambahan untuk tiap rangkaian kereta api, mulai kelas ekonomi hingga kelas eksekutif . Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada liburan akhir tahun.

Jika rangkaian kereta reguler hanya terdiri atas delapan kereta, mulai musim liburan akhir tahun --22 Desember 2013 mendatang-- akan ditambah menjadi 10 kereta.

Humas PT Kereta Api Daop IV, Eko Budiyanto mengatakan, dengan adanya penambahan ini masyarakat diimbau tidak terlalu panik untuk menggunakan kereta sebagai sarana transportasi liburan akhir tahun nanti.

Dengan kebijakan ini, tiket Kereta Api untuk ke semua jurusan yang diberangkatkan baik dari Stasiun Tawang dan Stasiun Poncol, Semarang masih cukup tersedia.“Baik untuk kereta kelas ekonomi maupun kereta kelas eksekutif,” ungkap Eko Budiyanto, saat dikonfirmasi persiapan PT KA menghadapi musim liburan akhir tahun ini, Rabu (11/12).

 

Menurutnya, PT Kereta Api Daop IV jauh- jauh hari sudah menyiapkan mekanisme ini guna menghadapi permintaan tiket kereta api untuk libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Karena setiap puncak permintaan tiket kereta untuk liburan akhir tahun selalu habis. Penambahan kereta ini diharapkan dapat memenuhi lonjakan permintaan tiket dari masyarakat.  

Eko juga menambahkan, terkait hal ini selama musim liburan akhir tahun diterapkan harga tiket batas atas untuk yang kelas eksekutif  1, seperti KA Argo Sindoro.

Jika harga tiket reguler kereta ini hanya Rp 280 ribu naik menjadi Rp 325 ribu.  Sedangkan kelas eksekutif 2 yang biasanya hanya Rp 250 ribu naik menjadi Rp 350 ribu.

“Sedangkan harga tiket untuk Kereta Api ekonomi AC untuk libur akhir tahun dan hari Natal nanti tidak mengalami perubahan harga , yakni Rp 45 ribu,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement