Selasa 10 Dec 2013 22:31 WIB

SBY Minta Gubernur Tak Malu Minta Bantuan

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta agar para gubernur tidak perlu malu untuk meminta bantuan. Khususnya ketika ragu untuk menggunakan anggaran. 

Menurutnya, ada kecenderungan para pejabat, termasuk di daerah, takut disangka korupsi ketika menggunakan anggaran atau mengambil kebijakan tertentu. 

"Ada masalah di sana sini membuat pejabat daerah ragu untuk menggunakan anggaran. Kalau ada masalah, maka segera carikan solusinya, jangan dibiarkan. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berikan solusi," katanya di Istana Bogor, Selasa (10/12). 

Ia mengatakan, pembangunan harus tetap berjalan. Jika ragu untuk mengambil keputusan, maka ada baiknya berkonsultasi dan mencari solusi bersama lembaga yang dianggap mumpuni. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi atau ketidaktahuan yang berujung pada ranah hukum. 

"ilosofi kita adalah mencegah, jangan sampai ada kesalahan. Bukan menjebak. Saya ingin kita makin tertib bernegara, kita makin bersih, oleh karena itu pemberantasan korupsi harus jalan," katanya.

Sebelumnya, dalam puncak peringatan Hari Antikorupsi kemarin, SBY pun sempat menyinggung tentang adanya fenomena keraguan para pejabat daerah menggunakan anggaran atau mengambil keputusan. 

Ketakutan disangka korupsi itu dinilai sedikit banyak akan berdampak pada pembangunan. Pejabat daerah akan ragu mengucurkan dana sehingga penyerapan anggaran dan pembangunan justru terhambat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement