Senin 09 Dec 2013 18:08 WIB

Penanaman Pohon Solusi Utama Cegah Banjir

Penanaman pohon
Foto: blogspot.com
Penanaman pohon

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Penanaman pohon merupakan solusi utama dalam mencegah terjadinya banjir. Hal ini diungkapkan Sekretaris Provinsi Banten Muhadi saat peringatan Hari Menanam Nasional tingat Provinsi Banten di Pandeglang, Senin (9/12).

"Apapun tindakan yang kita lakukan untuk mencegah terjadinya banjir, tanpa dibarengi penanaman pohon pada lahan gundul, maka tidak akan berguna," katanya saat peringatan Hari Menanam Nasional tingat Provinsi Banten di Pandeglang, Senin.

Delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten selalui tergenang banjir ketika musim hujan tiba, dan beberapa di antaranya cukup parah, seperti Kabupaten Tangerang, Pandeglang dan Lebak.

Pemerintah, kata dia, terus berupaya untuk mengatasi banjir itu, diantaranya membangun Waduk Karian guna mengatasi banjir di Tangerang akibat meluapnya Sungai Ciujung dan tanggung Cibama di Pandeglang.

"Kalau Sungai Ciujung sudah meluap, maka menyebabkan kemacetan karena airnya meluap hingga jalan tol," katanya.

Pembangunan waduk dan tanggul itu, kata dia, merupakan rekayasa toknologi untuk menanggulangi banjir, tapi itu tidak akan banyak manfaat tanpa dibarengi dengan rekayasa tanam pohon.

Muhadi juga menyatakan, kalau masalah cuaca dan hujan tidak bisa ditangani karena menyangkut alam, yang bisa dilakukan mengupayakan agar air yang turun bisa terserap.

"Agar air terserap maka jangan ada lahan gundul atau harus banya hutan. Kalau air banyak yang terserap maka erosi ke sungai sedikit," katanya.

Kalau erosi sedikit, lanjut dia, maka sedimentasi atau pendangkalan pada sungai juga sedikit, maka kedalaman sungai terpelihara.

"Jika sungai tidak dangkal maka tidak akan terjadi banjir, apalagi air yang masuk ke sungai juga sedikit karena banyak yang terserap," ujarnya.

Karena itulah, kata dia, penanaman pohon ini merupakan kegiatan yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua elemen bangsa, mulai pemerintah hingga masyarakat.

"Karena pentingnya itulah, maka RI-1 dan RI-2 selalu hadir bersama-sama saat acara yang berkaitan dengan penanaman pohon. Hanya dua acara yang selalui dihadiri presiden dan wakil presiden yakni ketika peringatan kemerdekaan dan menanam pohon," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement