Jumat 06 Dec 2013 18:51 WIB

Menkes Lantik Roy Sparringa Jadi Kepala BPOM

 Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah supermarket di Jakarta, Rabu (24/7).  (Republika/ Yasin Habibi)
Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah supermarket di Jakarta, Rabu (24/7). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi melantik Ir. Roy A. Sparringa, M.App.SC sebagai Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menggantikan dra. Lucky S. Slamet, M.Sc yang telah memasuki purna jabatan pada bulan Juli 2013.

Dalam acara pelantikan yang berlangsung di gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (6/12) sore, Menkes berpesan kepada Kepala BPOM yang baru untuk mengawal seluruh program secara optimal melalui peningkatan program pengawasan obat dan makanan serta pemberdayaan masyarakat.

"Pelayanan publik juga perlu ditingkatkan agar dapat berjalan lebih cepat, tepat, mudah, berdaya dan berhasil guna," ujar Menkes dalam sambutannya.

Nafsiah Mboi juga meminta agar dilakukan upaya terobosan perlu dikembangkan secara sistematis, terarah dan berkesinambungan untuk menghadapi tantangan semakin kompleksnya kerjasama lintas instansi dan lintas sektor.

"Peningkatan kapasitas manajemen BPOM juga perlu terus dibangun agar organisasi berbasis kinerja dalam upaya penguatan BPOM sebagai 'National Regulatory Authority' dapat terwujud," ujar Menkes.

Selain itu, Menkes Nafsiah juga mengingatkan bahwa program pengawasan obat dan makanan menghadapi berbagai tantangan baru antara lain meningkatnya harapan masyarakat dan perdagangan bebas serta pembentukan AEC (ASEAN Economic Community).

Dengan pelaksanaan AEC mulai 2015, Menkes menyebut akan terjadi penipisan 'entry barier' dalam perdagangan dengan konsekuensi adanya peningkatan produk yang berisiko bagi kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement