Kamis 05 Dec 2013 08:18 WIB

Saudi Pulangkan 6.017 WNI 'Overstayers'

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: A.Syalaby Ichsan
WNI overstayer (WNIO) melakukan pendataan di Madinatul Hujjaj, Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Dok. KJRI Jeddah
WNI overstayer (WNIO) melakukan pendataan di Madinatul Hujjaj, Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah merilis, Pemerintah Arab Saudi telah memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang melebihi izin tinggal (overstayers) sebanyak 6.017 orang.

Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah‬ Syarif Shahabudin mengatakan, otoritas Arab Saudi melanjutkan proses pemulangan WNI overstayers dengan menggunakan Pesawat Khusus Saudia Airlines. 

“Sebanyak 503 WNI Overstayers yang terdiri dari 366 perempuan dewasa, 58 laki-laki dewasa, dan 79 anak-anak diterbangkan menuju Jakarta pada Rabu (4/12),” katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Rabu (5/12)  malam. 

Dia menambahkan, pemulangan WNI tersebut dilakukan dengan menggunakan pesawat SV 3810 dari Bandara King Abdul Azis Jeddah pada pukul 20.00 Waktu Arab Saudi. Mereka dijadwalkan akan tiba di Jakarta, Kamis (5/12) pukul 10.30 WIB. 

“Dengan pemulangan pada hari ini, maka jumlah keseluruhan WNI Overstayers yang telah dipulangkan ke Indonesia sebanyak 6.017 orang,” ujarnya. 

Selain penerbangan khusus Saudia Airlines, dia melanjutkan, sebanyak 19 WNI Overstayers laki-laki juga akan dipulangkan pada hari ini dengan menggunakan penerbangan reguler Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV816.

Pesawat tersebut akan berangkat dari Jeddah pada pukul 21.30 waktu Arab Saudi. Sedangkan WNI Overstayer yang masih berada di Penampungan Imigrasi Shumaysi saat ini berjumlah 4.757 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement