Jumat 29 Nov 2013 21:00 WIB

1000 Blogger se-Indonesia Ikuti Ajang Blogger Nusantara di Yogyakarta

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Suasana pesta blogger
Suasana pesta blogger

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Lebih dari 1000 blogger dari seluruh Indonesia akan ikut serta dalam pertemuan nasional Blogger Nusantara 2013 yang akan digelar di Yogyakarta selama dua hari (Sabtu-Ahad, 30/11-1/12).

Para peserta berasal dari Aceh hingga Papua, Mereka mewakili komunitas blogger di daerahnya, kata Publicist Blogger Nusantara 2013 Jeanot Nahasan Nida, Jumat (29/11).

Selain sebagai ajang pertemuan para blogger, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi media untuk menjalin pertemanan dan mempererat persahabatan antar sesama blogger, kata dia.

Blogger Nusantara telah diadakan sebanyak dua kali yaitu di Sidoarjo , Jawa Timur tahun 2011 dan di Makassar, Sulawesi Selatan tahun 2012. Pada tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraaan Blogger Nusantara.

 

Kegiatannya dipusatkan di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Pendopo Joglo Abang Kabupaten Sleman dan Desa Wisata Tembi Kabupaten Bantul.

Bl;ogger Nusantara kali ini mengusung talkline ‘Blogger Nusantara Blogger Istimewa’.  Pada hari pertama, para peserta Blogger Nusantara 2013 diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kota Yogyakarta dan sekitarnya, baik dari sisi social budaya, wisata, kuliner dan sebagainya.

Nantinya akan menjadi bahan tulisan perjalanan mereka di blog masing-masing, sehingga akan menambah variasi baru cerita tentang Yogyakarta.

Selanjutnya di siang hari hingga menjelang Maghrib, akan dilaksanakan kegiatan seminar dan saresehatn tentang blogger di Pagelaran Kraton Yogyakara, ujarnya.

Sesi ini akan menghadirkan empat pembicara yang berasal dari berbagai instansi dan komunitas, yaitu dari IBN, Telkom wifi id, Komunitas Indonesia Kaya, dan Komunitas Sasana Integrasi Advokasi Difabel (SIGAB). Peserta juga akan disuguhi berbagai kesenian tarian tradisional Indonesia dan juga hiburan musik akustik.

Pada malam hari di hari pertama  akan digelar di Pendopo Joglo Abang, di Dusun Gombang, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Peserta akan dimanjakan oleh Festival Budaya Tradisi Khas Yogyakarta yaitu Festival Ketoprak.

Hari kedua gathering blogger se-Indonesia akan dilaksanakan di Desa Wisata Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Workshop/sarasehan menjadi agenda utama yang akan diisi oleh dua komunitas/ instansi yaitu Paguyuban Selasa Kliwon dengan tema 'Kearifan Budaya Lokal' dan JogjaUpdate dengan tema 'Pentingnya Sosial Media dalam Penyebaran Informasi.'

Kegiatan Blogger Nusantara 2013 di hari kedua juga akan menggabungkan kegiatan Hari Internasional Penyandang Difabilitas 2013 yang berkolaborasi dengan Komunitas Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) Yogyakarta. Kegiatannya antara lain: pertandingan sepak bola dan bazar dari hasil karya masyarakat difabel.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement