Selasa 19 Nov 2013 00:21 WIB

Kabupaten Siak Promosi di Nusa Dua

Rep: ahmad baraas/ Red: Damanhuri Zuhri
istana asserayah al-hasyimiyah, salah satu tujuan wisata di siak, provinsi riau
Foto: foto: damanhurizuhri/republika
istana asserayah al-hasyimiyah, salah satu tujuan wisata di siak, provinsi riau

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Kegiatan Festival Nusa Dua (Nusa Dua Fiesta), dijadikan ajang berpromosi oleh sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang mempromosikan potensi pariwisatanya di arena pameran.

Kabupaten Siak, selain memiliki sejumlah objek wisata alam yang menarik, juga punya fasilitas olahraga yang cukup lengkap.

"Daerah kami pernah dijadikan salah satu tempat pertandingan sejumlah cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 lalu," kata salah seorang penjaga stan pameran Kabupaten Siak, Billy.

Selama tiga hari berpameran, cukup banyak wisatawan asing yang datang dan menanyakan informasi tentang Kabupaen Siak. Para wisatawan kata Billy, sangat serius dan menyatakan ingin berkunjung ke Siak.

Siak memiliki objek wisata yang sangat beragam, diantaranya Taman Nasional Zamrud, Danau Naga Saksi, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Kecil Batu, Kolam Hijau, Taman Kota Tengku Agung, dan Jembatan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah.

Masing-masing objek wisata itu kata Billy, memiliki keunikan tersendiri, semisal Danau Naga Sakti, objek ini letaknya di Kecamatan Sungai Apit.

Menurut cerita masyarakat dahulunya setiap tahun sekali timbul makhluk yang mirip naga, sehingga danau itu namanya Danau Naga Sakti. "Wisatawan yang datang ke anjungan kami menyatakan tertarik untuk datang ke Siak," katanya.

Sementara itu kegiatan NDF pada Ahad malam menampilkan pertunjukan sendratari berjudul Kebo Iwa. Petunjukan seni drama dan tari dengan durasi 35 menit itu, didukung sekitar 85 seniman anggota Sanggar Sasi Wimba Denpasar.

“Kami ingin menyajikan garapan seni terbaik. NDF ini kan ajang bergengsi, tidak mungkinlah menampilkan garapan yang sembarangan,” kata Ida Ayu Wimba Ruspawati, SST., M.Sn, pimpinan Sanggar Tari Wimba Ruspawati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement