Senin 18 Nov 2013 16:44 WIB

Inilah Bandara Tersehat di Indonesia

bandara sultan mahmud badaruddin
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
bandara sultan mahmud badaruddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatera Selatan, yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) II, ditetapkan sebagai bandara tersehat di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan.

"Kementerian Kesehatan melakukan berbagai macam penilaian sebelum memberikan penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi," kata General Manager Sultan Mahmud Badaruddin II Eko Diantoro dalam siaran pers AP II yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Eko, kriteria yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan antara lain adalah bagaimana bandara Sultan Mahmud Badaruddin II mengelola sampah baik dari pesawat maupun sampah yang ada di bandara.

Selain itu, ujar dia, Kementerian Kesehatan juga menilai beberapa hal lain seperti kebersihan toilet, kondisi Kantor Kesehatan Pelabuhan Udara, dan cara penanganan pengangkutan sampah dari bandara ke tempat pembuangan akhir.

"Tidak hanya itu, mereka juga menilai kesehatan makanan dan minuman dari restoran-restoran yang ada di bandara," ucapnya.

Ia mengemukakan, untuk ke depannya, pihaknya akan mewajibkan agar restoran yang ada di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II harus mendapat Sertifikat Sehat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Eko juga menyebutkan, petugas di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II juga aktif dalam mengkampanyekan larangan merokok di tempat dilarang merokok.

"Petugas kami akan menghampiri perokok untuk dengan ramah meminta rokoknya dimatikan jika berada di kawasan dilarang merokok," ujarnya.

Pihaknya, menurut dia, juga melakukan aktivitas penghijauan dengan menanam pohon yang tidak mengundang burung di sekitar lingkungan bandara guna membuat udara lebih sehat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement