Selasa 12 Nov 2013 23:51 WIB

PPI Heran KPK Sita Paspor Attiya

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
 Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi saat menggeledah rumah mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum di Jakarta, Selasa (12/11).  (Republika/Yasin Habibi)
Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi saat menggeledah rumah mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum di Jakarta, Selasa (12/11). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paspor milik istri Anas Urbaningrum, Attiyah Laila, ikut disita oleh KPK.  Juru Bicara Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), Makmun Murod, mengaku bingung dengan sikap penyidik KPK yang menyita paspor milik Atthiyah.

"KPK menyita paspor Attiyah. Apakah KPK punya kewenangan untuk menyita paspor?," kata Makmun saat konferensi pers di markas PPI di Duren Sawit Jakarta Timur, Selasa (12/11).

Selain itu, Makmun juga mengaku heran KPK hanya menyita buku yasin yang bergambar Anas saja dan tidak menyita buku yasin bergambar Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. Menurutnya, KPK hanya mencari-cari kesalahan Anas.

"Kenapa KPK hanya menyita buku Yasin yang bergambar Anas saja, yang ini bergambar Ibas tidak dibawa," katanya.

Sementara itu, anggota Tim Kuasa Hukum Anas dan Attiyah Laila, Firman wijaya, menyatakan menolak untuk menandatangani berita acara penggeledahan dan penyitaan.

"Sikap kami dengan tegas menolak penggeledahan yg disertai dengan penyitaan," katanya. Menurutnya, dalam penggeledahan yang juga menyita barang serta dokumen tidak ada kaitannya dengan perkara yang ditujukan kepada Anas dan Attiyah.

"Kenapa harus melakukan penggeledahan di rumah PPI? Termasuk penyitaan uang milik operasional PPI," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement