Senin 28 Oct 2013 12:45 WIB

Ibas: Sumpah Pemuda Dorong Indonesia Jadi Bangsa Bermartabat

 Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono membuka Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Denpasar, Bali, Sabtu (30/3). (Republika/Aditya Pradana Putra)
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono membuka Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Denpasar, Bali, Sabtu (30/3). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) meyakini semangat sumpah pemuda mampu mendorong Indonesia, menjadi bangsa yang maju dan bermartabat dengan semangat optimisme di dalamnya.

"Saya yakin generasi muda kita, termasuk saya sebagai agen perubahan bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju lagi. Generasi muda Indonesia harus memiliki jenis darah dan semangat O+ (optimis) dan positif-solutif," kata Ibas dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (28/10).

Ibas mengajak generasi muda memiliki optimisme dan semakin berperan aktif memberikan kontribusi pembangunan di segala bidang. Indonesia yang kini semakin maju membutuhkan semangat juang generasi muda dengan karya-karya yang konkrit untuk bangsa.

"Generasi muda bersyukur, Indonesia hari ini lebih maju dan bermartabat dengan ditandainya peningkatan ekonomi, pembangunan yang berkelanjutan dan perkembangan di segala bidang termasuk demokrasi dan keterlibatan aktif di forum internasional," ujarnya.

Putra bungsu Presiden SBY ini menilai, kondisi sekarang akan dipertahankan dan ditingkatkan generasi muda masa sekarang dan masa depan dengan karya nyata dan perjuangan. Hal itu, menurut Ibas, dapat dilakukan dengan sinergi bersama segenap elemen bangsa.

Ibas juga mengajak generasi muda Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan meniru semangat juang para pahlawan bangsa. "Hal penting dalam konteks perjuangan adalah generasi muda harus senantiasa belajar dan menghormati jasa semua tokoh-tokoh bangsa, pahlawan dan senior terdahulu dalam melanjutkan perjuangan bangsa," ujar Ibas.

Ia juga minta generasi muda menjaga nilai-nilai perjuangan bangsa agar tidak tergusur perkembangan global.

"Kita harus terus mengawal nilai-nilai perjuangan pendahulu yang gigih mempertahankan dan memperkokoh martabat bangsa di mata dunia," katanya.

Dikatakanya, generasi muda harus senantiasa mawas diri terhadap semua tantangan, persaingan global termasuk praktik-praktik yang bertentangan dengan nilai dan etika ke-Indonesia-an.

Ibas menambahkan semangat Sumpah Pemuda seharusnya memotivasi generasi muda untuk terus berprestasi dan menghasilkan karya-karya pembangunan, guna kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Saya menyerukan kepada sesama generasi muda untuk terus lanjutkan semangat dalam berprestasidan memiliki visi yang besar untuk membangun Indonesia yang semakin maju dan bertambah besar," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement