Kamis 26 Sep 2013 03:12 WIB

Wuih, Jakarta Promo Wisata Sampai ke Turki dan Qatar

Seorang ibu dan anak menikmati petang di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).
Foto: Rakhmawaty La'lang
Seorang ibu dan anak menikmati petang di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah sukses menggelar pentas seni dan budaya Enjoy Jakarta di Kuala Lumpur, Malaysia, dan tiga kota di China pada Juni dan Juli serta di Taiwan Agustus lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta kembali menggelar program promosi Enjoy Jakarta di Istanbul, Turki pada 23 September dan di Doha, Qatar pada 26 September 2013.

Promosi wisata di kawasan Timur Tengah ini diisi dengan kegiatan forum bisnis antara pelaku industri pariwisata dari Jakarta dengan pelaku industri pariwisata di Turki dan Qatar. Sebanyak 15 pelaku dan asosiasi industri pariwisata dari Jakarta akan memberikan presentasi dan menawarkan berbagai paket wisata menarik kepada sekitar puluhan buyer yang merupakan biro perjalanan di masing-masing kota tersebut.

Selain itu, baik di Istanbul dan Doha, delegasi juga akan menampilkan pagelaran kesenian tradisional Betawi dan Indonesia yang melibatkan penyanyi dan pemusik tradisional, termasuk Siti Rahmawati (Siti KDI). “Kita juga akan menggelar pergelaran kesenian tradisional termasuk memperkenalkan kuliner Indonesia dengan mengikutsertakan juru masak dari Indonesia dalam acara Food Festival dan Food Parade,” kata Arie Budhiman, Kepala Disparbud DKI Jakarta, seperti dilansir situs beritajakarta.

Jakarta, kata Arie, sudah menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi wisatawan mancanegara, termasuk dari kawasan Timur Tengah yang masuk 10 terbesar dari sisi jumlah wisatawan. "Karena itu setelah melakukan promosi ke Malaysia dan China kita melakukan roadshow Enjoy Jakarta ke Turki dan Qatar untuk mendorong lebih banyak lagi wisatawan dari mancanegara berkunjung ke Jakarta,” ujar Arie. 

Arie mengatakan, wisatawan Timur Tengah umumnya dikenal sebagai wisatawan yang memiliki karakteristik high spender tourist dan memiliki waktu tinggal yang relatif lebih lama bila dibandingkan dengan wisatawan dari kawasan lain. Meski tidak sebanyak dari Malaysia yang kini berada teratas dalam kunjungan wismannya ke Jakarta atau sebanyak 310.945 pada 2012 lalu, jumlah turis asal Timur Tengah ke Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. “Melalui roadshow Enjoy Jakarta ini, kami harapkan kedatangan turis Timur Tengah ke Jakarta semakin banyak.  Paling tidak, tahun ini bisa meningkat 10 persen,” harapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement