Jumat 20 Sep 2013 01:12 WIB

Kepolisian Pesisir Selatan Tangkap Tiga Perampok

Garis Polisi
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Garis Polisi

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN, SUMBAR -- Kepolisian Resor Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menangkap tiga orang diduga sebagai pelaku perampokan di kabupaten itu pada Kamis.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Pesisir Selatan Komisaris Polisi (Kompol) Hendri Yahya di Painan, mengatakan ketiganya yakni Yendri Yanto (37), Jhon Hendri (40) dan Ujang Amek. Tiga warga Padang itu ditangkap di Kenagarian (Desa adat) Lubuknyiur IV Koto Mudiak, Kecamatan Batangkapas, kabupaten setempat sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis.

Sebelum tertangkap, ketiganya diduga melakukan perampokan di Nagari Ilalang Panjang, Kecamatan Pancungsoal, Pesisir Selatan.

Dalam melakukan aksinya, pelaku menggunakan mobil Xenia warna putih dengan pelat nomor polisi BA-1593-BE yang datang dari Padang. Menurut keterangan pelaku kepada kepolisian setempat, ketiganya datang dari Pekanbaru Provinsi Riau menuju Pancungsoal.

Belum sampai di Pancungsoal, tepatnya di Nagari Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, mobil Xenia yang dikendarai Jhon bersama dua pelaku lainnya langsung berhenti karena melihat seorang ibu rumahtangga yang memakai perhiasan emas (kalung) tengah menyapu di rumahnya.

Dengan berpura pura bertanya kepada ibu rumahtangga yang bernama Kartini (55) tersebut, pelaku turun dari mobil dan berbincang dengan korban, seolah-olah sudah kenal dan akrab.

Anehnya, ketika pelaku minta korban (Kartini) untuk naik ke mobil Xenia yang dibawa pelaku setelah berbincang bincang beberapa waktu lamanya, korban hanya mengikut tanpa ada perlawanan atau suara bantahan.

Jhon bersama dua pelaku lainnya juga naik ke mobil dan membawa korban melaju ke arah Pancungsoal. Di perjalanan, belum beberapa lama dalam mobil tersebut, korban dipaksa membuka seluru perhiasan yang dipakai.

Korban diturunkan dari mobil di tempat sepi, tepatnya di Nagari Ilalang Panjang, Kecamatan Pancung Soal, sedangkan Jhon kembali memutar mobilnya ke arah Padang.

Begitu dapat laporan dari korban, tim gabungan Polsek dan Polres terjun mengejar pelaku dan akhirnya berhasil menangkap ketiganya di Nagari Lubuknyiur, Batangkapas.

Pelaku sempat meninggalkan mobil di pinggir jalan, dan lari ke areal persawahan di Nagari Lubuk Nyiur IV Koto Mudiak saat dikejar polisi. Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti mobil Xenia dan satu paket kecil ganja kering yang ditemukan di dalam mobil tersebut ke Markas Polres setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement