Kamis 19 Sep 2013 10:52 WIB

Jawaban Wapres untuk Surat Jokowi Soal Mobil Murah

Rep: Agung Sasongko/ Red: Djibril Muhammad
Wapres Boediono
Foto: Saptono/Antara
Wapres Boediono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) Boediono menjawab keluhan Gubernur DKI Jakarta, Jokowi soal penjualan mobil murah. Jawaban ini disampaikan Boediono dalam pembukaan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS 2013) di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Kamis (19/9).

"Saya sampaikan langsung pak Wagub, intinya, pemerintah pusat tidak akan lepas tangan untuk mengatasi masalah ibu kota, termasuk macet dan banjir. Pemerintah siap, karena Jakarta jendela Indonesia," kata dia.

"Pemerintah sudah memiliki kesepakatan yang bisa dikerjakan bersama. Barangkali ini yang akan jadi pegangan," katanya menambahkan.

Seperti yang dikhawatirkan, kata dia, penjualan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC)  akan menambah masalah.  Menurut Boediono, solusinya adalah meningkatkan secepat mungkin bersama-sama publik transportasi.

Kedua, ia melanjutkan, tidak perlu melarang beli mobil tapi akan ada beban biaya ketika masuk ke jalan-jalan Jakarta. Electronic Road Prising segera dilaksanakan.

"Industri otomotif ini masih diperlukan, jadi tolong dicari hal yang mungkin tanpa menghambat perkembangan industri, yang nantinya akan mengganggu penyerapan tenaga kerja," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement