Selasa 03 Sep 2013 13:58 WIB

Taman Pintar Yogya Gelar Kontes Roket Air

Rep: Yulianingsih/ Red: Didi Purwadi
Taman Pintar Yogyakarta
Foto: Antara/Alin
Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wahana rekreasi edukasi Taman Pintar Yogyakarta akan menggelar kontes peluncuran roket air tingkat SMP dan SMA se-Jawa Tengah dan DIY. Ajang tahunan bagi para siswa tingkat menengah ini akan dilakukan pada 21 September mendatang.

Sebelumnya para siswa  ini akan mengikuti workshop peluncuran roket air di Taman Pintar pada 4 September 2013.

"Ajang ini kita gelar untuk memperkenalkan teknologi kedirgantaraan, khususnya teknologi roket, di kalangan generasi muda Indonesia," ujar Kepala UPT Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, Selasa (3/9).

Roketnya merupakan roket yang dibuat dari botol plastik, diluncurkan menggunakan piranti launcher hingga mencapai jarak puluhan meter. Air yang menyemprot dari bagian ekor seperti asap membuat penampilannya menyerupai roket sebenarnya.

Para peserta workshop Roket Air akan diberikan pelatihan pembuatan launcher roket air. Narasumber berasal dari STTNas dan tenaga profesional di bidang launcher roket air.

"Kegiatan ini merupakan media untuk sosialisasi regulasi lomba kepada para guru, sekaligus ajang pembelajaran dasar-dasar pembuatan roket air serta piranti launchernya bagi para peserta," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement