Sabtu 31 Aug 2013 19:14 WIB

Arief–Sachrudin Unggul Sementara 'Quick Count' di Pilkada Kota Tangerang

Rep: Nurhamidah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Arief R Wismansyah
Foto: tangerangkota.go.id
Arief R Wismansyah

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pasangan nomor urut tiga calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Sachrudin unggul sementara hasil perhitungan cepat (Quick Count) dengan 47,81 persen.

Hasil Quick Count tersebut oleh Lingkaran Survei Kebijakan Publik (LSKP) yang merupakan anak jaringan dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Total suara yang masuk sementara 94,83 persen hingga pukul 16.45 WIB.

Direktur LSKP Sunarto Ciptoharjono memaparkan, perolehan suara Arief – Sachrudin merata di sejumlah wilayah dari 13 kecamatan.

“Pasangan nomor lima Arief R. Wismansyah dan Sachrudin unggul sementara dengan 47,83 persen,” katanya saat konferensi pers di Hotel Soll Marina, Sabtu sore (31/8).

Perolehan suara tersebut masih bersifat sementara sebab data yang masuk baru sampai pukul 16.45 WIB. Adapun jumlah data yang masuk sementara baru 94,83 persen.

Untuk peringkat kedua dengan suara terbanyak diraih oleh pasangan Abdul Syukur dan Hilmi Fuad dengan 27,02 persen.

Selanjutnya untuk posisi ketiga diperoleh pasangan Dedy Suwandi Gumelar alias Miing dan Suratno Abubakar dengan 17,51 persen.

Sedangkan untuk pasangan Harry Mulya Zein dan Iskandar Zulkarnaen memperoleh suara sementara 5,71 persen. Terakhir untuk pasangan Ahmad Marju Kodri dan Gatot Suprijanto hanya memperoleh suara 1,92 persen.

“Perolehan suara Arief – Sachrudin mendominasi di seluruh kecamatan,” ucap Sunarto. Dalam pilwalkot ini terdiri dari lima Daerah Pilihan (Dapil) atau zona pemilihan suara.

Untuk zona satu yaitu Kecamatan Tangerang dan Karawaci, Arief – Sachrudin memperoleh 50,72 persen. Untuk zona dua meliputi Kecamatan Cibodas, Periuk, dan Jatiuwung memperoleh suara 49,61 persen.

Untuk zona ketiga meliputi Kecamatan Batuceper, Neglasari, dan Benda, Arief-Sachrudin memperoleh suara 48,71 persen.

Untuk zona keempat meliputi Kecamatan Cipondoh dan Pinang memperoleh suara 48,92 persen. Selanjutnya untuk zona kelima meliputi Kecamatan Ciledug, Karang Tengah dan Larangan memperoleh suara 42,53 persen. 

Menurutnya, hasil quick count tersebut diperoleh dari sampel 271 TPS dari jumlah total 2.938 TPS. Dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 1.161.855 tingkat partisipasi pemilih adalah 61,43 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement