Kamis 22 Aug 2013 16:48 WIB

Effendi Ghazali Bantah Tudingan Marzuki Alie, Ada Apa?

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Citra Listya Rini
Effendi Ghazali
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Effendi Ghazali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota komite konvensi calon presiden Partai Demokrat, Effendi Ghazali, menolak tudingan Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Marzuki Alie, yang menyebut komite konvensi tidak memiliki kriteria jelas dalam menetapkan peserta konvensi.

Menurut dia, komite sudah pernah menyampaikan kriteria umum peserta konvensi. "Kami sudah menyapaikan gambaran kriterianya," kata Effendi ketika dihubungi Republika di Jakarta, Kamis (21/8).

Effendi mengatakan ada lima kriteria umum yang pernah digambarkan komite soal peserta konvensi capres Demokrat: kepemimpinan, kredibilitas/integritas, kapabilitas, karakter, rekam jejak. 

Kendati begitu, Effendi mengakui gambaran kriteria ini belum diumumkan ke publik. "Kriterianya belum diumumkan ke publik," ujarnya.

Setiap peserta konvensi capres Demokrat yang telah menerima undangan komite konvensi otomatis telah memenuhi lima kriteria komite. Hal ini menurut Effendi juga berlaku terhadap Marzuki Alie. 

Dia juga menggaris bawahi komite konvensi tidak bisa memberitahu kriteria khusus peserta konvensi sebelum diumumkan ke publik. "Kita tidak boleh menjelaskan ke dia. Kriterianya belum diumumkan ke publik," kata Effendi.

Effendi memastikan kerja komite konvensi bebas intervensi. Dia menolak tudingan Marzuki yang menyebut mekanisme rekruitme ibarat orang berdagang. Effendi menegaskan siap keluar dari komite konvensi bila terjadi intervensi. 

"Kalau saya begitu ada intervensi saya keluar. Dan saya bukan pedagang, kalau ada yang berdagang saya tidak tahu dagangnya di mana," ucap Effendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement