Rabu 21 Aug 2013 15:00 WIB

Tim Robot Indonesia Raih Tiga Penghargaan di Vietnam

Rep: Fenny Melisa/ Red: A.Syalaby Ichsan
Robot
Foto: Straitstimes
Robot

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga penghargaan berhasil diboyong oleh Tim Indonesia pada ajang ABU Asia Pasific Robot Contest 2013, yang digelar di Kota Da Nang, Vietnam pada 16-19 Agustus 2013 lalu.

Tim “ERSION” dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yang mewakili Indonesia tampil mengesankan meraih ABU Robocon Award, yang merupakan penghargaan tertinggi ABU Robocon. 

Penghargaan lainnya adalah sebagai 2nd Runner Up ABU Robocon 2013 dan meraih Special Award dari ROHM Co.,Ltd. Hasil ini diraih setelah ERSION mampu membuat juri terpesona atas penampilannya tiga kali menang Green Planet (GP) atau planet hijau, yang menjadi tema pada ajang ini. 

Tim Indonesia dua kali melawan Iran di babak kualifikasi dan sekali melawan Fiji di babak perempat final (GP 0:43 detik).  Pada babak tersebut, ERSION satu-satunya tim yang menang GP 3 kali berturut-turut.

Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Kemdikbud, Agus Subekti, menyampaikan, perkembangan komunitas robot di Tanah Air cukup menggembirakan. Hal ini seperti ditunjukkan dalam kontes robot di Vietnam ini. 

“Secara teknik dan desain dan kemampuan tim kita tidak kalah hebat dengan peserta dari negara lain” kata Agus pada keterangan pers yang diterima Republika, Rabu (21/8).

Agus mengatakan, Ditjen Dikti Kemdikbud, selalu mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, dan menyatakan kesiapannya mendukung Indonesia menjadi tuan rumah ABU Robocon Contest tahun 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement