Advertisement

Sambut HUT ke-35, BPPT Gelar Pameran Inovasi Teknologi Dalam Negeri

Senin 19 Aug 2013 18:26 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi  (BPPT) akan menggelar pameran dan peluncuran produk teknologi dalam negeri besok Selasa-Rabu  (20-21/8), di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Produk-produk yang dipamerkan dalam rangka menyambut HUT ke-35 BPPT dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini, merupakan hasil karya anak bangsa.

Dalam pameran ini, BPPT  akan menampilkan alat pembaca (card reader) e KTP dan demo alat peraga Pemilu secara elektronik (e voting), serta TV Digital. Selain itu BPPT juga akan menampilkan langsung  tiga jenis Pesawat Udara nir Awak (UAV) dari jenis Sriti, Wulung dan Alap-Alap.

Tak hanya itu, pada pameran ini juga akan menampilkan berbagai produk kesehatan yakni obat herbal dan kosmetik seperti krim anti penuaan dini berbahan herbal. Kemudian dalam hal diversifikasi pangan juga akan ditampilkan hasil olahan tanaman Sorgum, baik berupa tepung sorgum sampai kepada hasil olahan pangan yang akan disajikan dan dapat dicoba di tempat pameran.

Dalam hal kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, BPPT menampilkan sebuah pangan darurat yang dapat menjadi solusi kala terjadi bencana. Adalah BiskuNeo, sebuah biskuit yang telah direkayasa dengan komposisi pangan yang mampu memberikan daya tahan bagi korban bencana yang mengkonsumsinya.

Sebagai wujud menghadapi kesediaan bahan bakar minyak (BBM) yang semakin menipis, BPPT juga menampilkan berbagai rekayasa teknologi energi alternatif, diantaranya; produk Biodiesel, pembangkit listrik tenaga panas bumi, fotovoltaik, serta rekayasa teknologi lainnya.

Adapun rangkaian acara Pameran Teknologi kali ini, bertujuan untuk mensosialisasikan hasil perekayasaan teknologi BPPT serta sebagai bentuk pertanggungjawaban BPPT sebagai lembaga publik.

Sebagai bagian dari program difusi Iptek ke masyarakat ini juga akan diadakan Temu Iptek Pelajar yang akan berlangsung hari ini 20 Agustus di Auditorium BPPT, dan Bincang Iptek BPPT yang akan mengundang media massa dan mahasiswa, yang akan berlangsung besok, dan Rabu 21 Agustus di Ruang Komisi 1-3 BPPT.

Pameran dan Temu Iptek serta Bincang Iptek ini tidak berbayar dan terbuka juga untuk seluruh pelajar, mahasiswa, serta seluruh masyarakat yang ingin hadir. Jadi, datang ya ke Pameran Teknologi BPPT dan rangkaian acara lainnya ini. Mulai tanggal 20-22 Agustus, buka setiap harinya pukul 9.30-selesai. (SYRA/humasBPPT)

Note: konfirmasi kehadiran Bincang Iptek untuk mahasiswa, dapat menghubungi 081802057554.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA