Ahad 18 Aug 2013 19:02 WIB

Pakar: Pengusaha Berpeluang Kalahkan Politikus dalam Konvensi Demokrat

Partai Demokrat umumkan susunan Komite Konvensi Calon Presiden.
Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Partai Demokrat umumkan susunan Komite Konvensi Calon Presiden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah Politikus dan pengusaha  bakal bertarung di ajang Konvensi calon presiden (Capres) yang akan digelar Partai Demokrat. Pengusaha diperkirakan bakal memenangkan konvensi tersebut.

Pakar politik dan Hukum Tata Negara, Asep Warlan Yusuf berpendapat, peluang nonkader Demokrat dari kalangan pengusaha lebih terbuka jika dibandingkan dengan kader partai.

"Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Chairul Tanjung dan Rudi Kirana tidak sebanding dengan kader internal Demokrat. Mereka sarananya banyak, media, LSM. Saya kira perbandingannya 70 persen buat non kader dan 30 persen bagi internal," ujar Asep, Ahad (18/8).

Menurut Asep,  beberapa nama dari kader Demokrat yang disebut-sebut akan mengikuti konvensi tidak sebanding dengan beberapa pengusaha tenar di tanah air itu.

Mereka adalah, Wakil Ketua Majelis Tinggi Demokrat Marzuki Alie, Anggota Dewan Pembina Demokrat Hayono Isman, dan Wakil Ketua Umum Demokrat Max Supacua.

"Mereka hanya mengandalkan pencitraan dan popularitas di DPR. Peluang nonkader sangat besar, saya kira seperti bola, Liverpool melawan PSSI. Kalau tinju itu kelas bulu melawan kelas Berat," kata Asep.

Dalam pertandingan antara klub sepakbola asal Inggris, Liverpool melawan tim Indonesia beberapa waktu lalu, tim Indonesia kalah 2-0.

Sebelumnya,  Board of Advisors CSIS, Jeffrie Geovanie memperkirakan dalam Konvensi Capres Partai Demokrat akan terjadi duel yang keras antara tiga kandidat kuat.  Mereka adalah penguasaha sukses di tanah air, bos Lion Air Rusdi Kirana, Gita Wirjawan yang saat ini menjadi Menteri Perdagangan dan Chaerul Tanjung.

Menurutnya, ketiga kandidat yang disebut-sebut akan meramaikan bursa Capres Demokrat itu memiliki kemampuan untuk bertarung di Pilpres 2014 nanti.

‎​"Anggapan saya tersebut sangat wajar karena mereka bertiga memiliki kemampuan yang lengkap. Terbukti mampu membangun bisnisnya sukses, seperti Gita Wiryawan dengan Ancora Grupnya, Chaerul Tanjung dengan Trans Corp nya, dan Rusdi Kirana dengan Lion Air Grupnya," kata Jeffrie.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement