Sabtu 17 Aug 2013 11:43 WIB

Ancaman Terhadap Polisi Dinilai Sangat Serius

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Personil Kepolisian Republik Indonesia
Foto: Antara
Personil Kepolisian Republik Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penembakan terhadap dua anggota polsek Pondok Aren yang sedang melakukan patroli di wilayah tugasnya, dinilai ancaman dan kekerasan yang sudah mencapai tingkat keseriusan tinggi. Kriminolog Universitas Indonesia, Mulyana W Kusuma mengatakan,  urgensi pengungkapan secara cepat harus menjadi prioritas.

"Polda Metro Jaya harus menyatakan ' perang ' terhadap kelompok pelaku kekerasan terhadap anggota Polri tersebut,'' ujar Mulyana, Sabtu (17/8).

Menurut dia, pelaku penembakan itu  jelas merupakan kelompok relatif terorganisasi dan mempunyai kapasitas kekerasan  terencana. Mulyana mengatakan, pelaku juga memiliki kemahiran menggunakan senjata api serta mempunyai tingkat keberanian luar biasa. Alasannya penembakan terjadi tak jauh dari Kantor  Polsek Pondok Aren. Pelaku, nilai Mulyana, juga punya kemampuan mengkalkulasi risiko, antara lain sudah menyiapkan jalan keluar dalam situasi pengejaran.

Pria kelahiran Bogor ini mengatakan, kelompok pelaku diduga bukan berasal dari luar Jabodetabek. Ini diperkuat oleh oleh pemilihan sasaran , waktu, lokasi dan pola melarikan diri. Selain itu, menurut dia, kemungkinan besar kelompok pelaku sebelumnya sudah mempunyai rekam jejak dalam melakukan kekerasan menggunakan senjata api.

Karena itu, dia mengatakan, diperlukan koordinasi internal antar satuan kewilayahan  jajaran Polda Metro Jaya untuk menganalisis dan mengevaluasi berdasarkan data tentang peristiwa- peristiwa kekerasan bersenjata api lainnya,  seperti perampokan. ''Ini dalam rangka percepatan tindakan hukum terhadap kelompok pelaku,'' ujarnya.

Mulyana juga memperingatkan kemungkinan aksi susulan yang berpotensi terjadi di wilayah Jabodetabek. Tak hanya itu, jajaran Polda Metro Jaya, imbuhnya, juga perlu menggalang dukungan jajaran RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan agar berkembang partisipasi efektif masyarakat dalam mencegah serta menanggulangi setiap bentuk kekerasan kriminal terhadap anggota Polri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement