Jumat 02 Aug 2013 22:47 WIB

Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Diprediksi Naik 10 Persen

Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.
Foto: tourjogja.com
Gembira Loka Zoo di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Jumlah kunjungan wisatawan ke Daerah Istimewa Yogyakarta selama libur Lebaran 2013 diprediksi naik 10 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi setempat, Tazbir Abdulah.

"Saya optimistis jumlah wisatawan yang datang selama libur Lebaran tahun ini akan meningkat. Jumlahnya diprediksi naik sekitar 10 persen," kata Tazbir Abdulah di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pengalaman dari tahun ke tahun jumlah wisatawan saat libur Lebaran yang datang ke DIY selalu meningkat pada kisaran 10 persen.

Untuk itu, kesiapan pengamanan juga dilakukan antara lain melakukan koordinasi dengan jajaran polisi pariwisata dan aparat kepolisian di kabupaten/kota untuk pengamanan objek wisata.

"Pengamanan objek wisata menjadi prioritas Dinas Pariwisata DIY sehingga wisatawan yang berkunjung akan merasa nyaman dan aman selama berlibur," kata Tazbir.

Ia mengatakan, hal yang mendesak dilakukan para pengelola objek wisata adalah mampu membuat atraksi yang menarik sehingga wisatawan terus meningkat jumlahnya.

"Beberapa desa wisata di wilayah DIY juga menjadi target kunjungan wisatawan sehingga pengelola desa wisata harus berbenah diri," kata Tazbir.

Menurut dia, beberapa objek wisata di DIY selama ini tidak hanya mengandalkan keindahan alam pantai maupun pegunungan tetapi juga desa wisata, heritage, sentra kerajinan, dan lain sebagainya.

"Desa Wisata Kembangarum, Turi Sleman, Desa Wisata Sambi Pakem, Desa Wisata Gamplong, Moyudan, Desa Wisata Imogiri selama ini banyak dikunjungi wisatawan baik nusantara maupun mancanegara," kata Tazbir Abdulah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement