Jumat 02 Aug 2013 03:46 WIB

Polres Sukabumi Tangkap 95 Imigran Gelap

Imigran gelap yang ditangkap petugas (ilustrasi).
Foto: Antara/Nwa Kanu
Imigran gelap yang ditangkap petugas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Polres Sukabumi menangkap 95 imigran gelap asal Timur Tengah yang hendak menyeberang ke Pulau Christmas, Australia, melalui perairan laut Sukabumi, tepatnya Pantai Karanghaji, Kecamatan Cisolok.

"Mereka ditangkap di Desa Pasar Baru, Kabupaten Sukabumi, saat akan naik ke perahu untuk menyeberang ke Pulau Christmas," kata Kepala Polres Sukabumi AKBP Asep Edi Suheri kepada wartawan, Kamis.

Menurut Asep, penangkapan imigran gelap asal Lebanon, Iran, Irak dan Afghanistan ini, berkat informasi masyarakat yang mencurigai banyak orang asing di Vila Kuda Laut di Kampung Cibangban.

Atas laporan tersebut, pihaknya langsung mengembangkan dan berkoordinasi dengan Polsek Cisolok untuk melakukan penangkapan terhadap para imigran gelap tersebut.

Saat akan ditangkap, kata dia, mereka mencoba melarikan diri. Awalnya hanya 80 orang yang berhasil ditangkap, kemudian menangkap lagi 15 orang yang lari dari kejaran aparat kepolisian.

Informasinya menyebutkan mereka datang dengan menggunakan enam mobil Elf dengan nomor polisi B 7043 BDA, B 7675 IE, B 7460 IC, B 7619 IC, B 7600 IC, dan B 7429 IE.

"Mereka tiba di Palabuhanratu sekitar pukul 21.35 WIB dari Pantai Ancol, Jakarta Utara, dan diduga mereka akan diberangkatkan dengan menggunakan perahu nelayan ke Australia," katanya.

Setelah didata, mereka langsung diberangkatkan kembali ke Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi di Kota Sukabumi, untuk penanganan lebih lanjut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement