Kamis 01 Aug 2013 23:59 WIB

Sopir Metromini Keluhkan Biaya Uji KIR yang Mahal

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Djibril Muhammad
Sopir metromini melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/8).    (Republika/Prayogi)
Sopir metromini melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/8). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sopir Metromini yang berunjuk rasa di halaman Balai Kota juga telah mengeluhkan biaya uji KIR yang mahal.

Sopir Metromini, Suroso mengatakan setiap enam bulan sekali dirinya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 700 ribu untuk sekali uji KIR. "Kami sangat berat kalau harus membayar uji KIR,"ujarnya di Balai Kota, Kamis (1/8).

Apalagi jika telah mengikuti uji KIR dengan biaya mahal tetapi tidak lolos. Sehingga Suroso dan teman-temannya yang lain nekat beroperasi tanpa buku KIR tersebut.

Akibatnya kendaraan yang digunakannya ditahan selama sebulan oleh Dinas Perhubungan. Dia pun tidak dapat mencari nafkah untuk sementara waktu.

Kepala Pusat Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Soleh Thahir menampik pernyataan supir bus tersebut yang tidak benar. Menurut dia, biaya untuk uji KIR tidak sampai Rp 100 ribu tiap enam bulan. "Biaya uji KIR untuk bus metro mini hanya sebesar Rp 98 ribu,"ujarnya.

Hal itu telah sesuai dengan Perda No 5 Tahun 2012 tentang pengujian kendaraan bermotor. Pengujian kendaraan bermotor dapat dilakukan di kantor uji KIR di Cilincing, Ujung Menteng, Kedaung Angke dan Pulo Gadung. Selain Cilincing, kendaraan umum dapat melakukan Uji KIR di tiga daerah lainnya.

Cilincing hanya untuk uji KIR alat berat. Sedangkan kendaraaan yang beratnya kurang dari delapan ton melakukan uji KIR di Kedaung Angke, Jakarta Barat. Sedangkan kendaraan diatas delapan ton melakukan uji di Ujung Menteng di Jakarta Utara. Sedangkan bus Metromini dapat uji KIR di setiap wilayah sesuai domisilinya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement