Senin 22 Jul 2013 18:28 WIB

Kinerja Mentan Dicap Rapor Merah, PKS Bela Menterinya

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Citra Listya Rini
Mentan Suswono
Foto: Republika
Mentan Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ombudsman Republik Indonesia merilis lima kementerian dengan rapor merah, salah satunya yaitu Kementerian Pertanian. Menanggapi rilis tersebut, politisi dari Partai PKS Indra yang juga anggota komisi IX DPR RI membela Menteri Pertanian (Mentan) Suswono yang diusung partainya. 

Ia mengatakan meskipun Ombudsman memberikan nilai merah bagi Kementerian Pertanian, namun sebenarnya Kementerian Pertanian mendapatkan penghargaan dari badan pangan dunia, Food Agricultural Organization (FAO).

"Penghargaan ini diberikan karena Indonesia dinilai berhasil mengatasi bahaya kelaparan. Ini merupakan salah satu hasil kerja keras Menteri Pertanian Suswono walaupun yang diminta menerima penghargaan Menko Perekonomian Hatta Rajasa oleh SBY, " kata Indra, Senin, (22/7).

Indra meyakini rakyat pasti mampu menilai berdasarkan  fakta. Penghargaan dari FAO dulu diraih pada tahun 1980-an, sekarang dengan kepemimpinan Suswono, penghargaan bisa diraih kembali pada Juni 2013 lalu.

"Kami yakin FAO memberikan penghargaan tanpa ada tendensi politik apapun. Mereka pasti objektif dalam memberikan penilaian," ujar Indra.

Meski demikian, PKS, ujar Indra, tetap menghargai hasil analisis Ombudsman walaupun parameternya belum jelas. Sebenarnya, semakin banyak kementerian itu bersentuhan dengan masyarakat, maka semakin banyak pula keluhan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement