Rabu 17 Jul 2013 15:27 WIB

90 Persen Masyarakat Indonesia Bertumpu pada Jaringan Jalan

Rep: Ajeng Ritzki Pitakasari/ Red: Heri Ruslan
Perbaikan Jalan Jalur Pantura
Foto: Rusdy Nurdiansyah
Perbaikan Jalan Jalur Pantura

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PU, Winarno, mengatakan sekitar 90 persen masyarakat Indonesia masih bertumpu pada jaringan jalan.

“Sehingga jalan pun tiap tahun perlu untuk ditingkatkan kualitasnya, baik konstruksi maupun pemeliharaan berkala,”katanya.

Menyinggung soal kerusakan rutin yang dialami Pantura, Winarno menekankan selain selalu dipaksa menampung volume kendaraan yang di luar kapasitas, sering kali kendaraan yang melintas mengangkut beban lebih dari yang seharusnya.

Ia menyinggung regulasi jalan di Kalimantan yang lebih disiplin menerapkan aturan jumlah beban yang boleh diangkut oleh kendaraan. "Seharusnya aturan itu juga lebih disiplin diterapkan di sini (Pantura)' ujarnya.

Winarno pun menambahkan jika saat ini ada 38.500 km jalan nasional yang ada di di Indonesia. Pemerintah,imbuhnya, menargetkan, tahun ini 94 persen dari total jalan tersebut kondisinya sudah mantap.

“Kami targetkan jalan nasional semakin mantap akhir tahun ini, perbaikannya dilakukan secara spot-spot. Kalau seluruhnya, berat,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement