Selasa 25 Jun 2013 19:15 WIB

Jabar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad
Harga sembako melonjak.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Harga sembako melonjak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat (Jabar) memantau sejumlah harga kebutuhan pokok di beberapa pasar di Kota Bandung.

Aksi ini dilakukan, untuk melihat perkembangan pasokan dan harga barang usai kenaikan harga BBM bersubsidi yang dilakukan pemerintah. Pasar yang dipantau Disperindag Jabar, di antaranya Pasar Ancol, supermarket dan SPBU.

"Kami lakukan pantauan barang kebutuhan masyarakat pascakenaikan BBM dan menjelang Ramadhan," ujar Kepala Disperindag Jabar, Ferry Sofwan kepada wartawan di Pasar Ancol, Kota Bandung, Selasa (25/6).

Menurut Ferry, dari hasil pantauan, pihaknya menemukan kenaikan harga sejumlah harga kebutuhan pokok terutama barang nonpabrikan. Kenaikan tersebut terjadi seperti pada sayuran, telur, daging sapi dan ayam.

Selain kenaikan BBM, kata dia, kenaikan sejumlah komoditas itu juga terjadi karena menjelang moment Ramadhan. Pada moment tersebut biasanya beberapa pedagang berspekulasi menaikan harga. "Ada spekulasi menaikan harga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement