Selasa 25 Jun 2013 12:39 WIB

Harga Daging Ayam di Yogya Tembus Rp 29 Ribu

Rep: Yulianingsih/ Red: M Irwan Ariefyanto
Jelang Ramadhan harga daging ayam meroket
Foto: Agus Bebeng/Antara
Jelang Ramadhan harga daging ayam meroket

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Harga kebutuhan pokok terus melonjak tak terkendali paskakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Harga daging ayam di pasar tradisional di Yogyakarta bahkan mencapai Rp 29.000 per kilogramnnya. Harga tersebut naik signifikan dari pekan lalu yang hanya Rp 27.000 per kilogram.

"Naik terus mbak, bensin saja naik. Ini malah bisa naik lagi kalau puasa dan lebaran besok," kata Martini (34), pedagang daging ayam di Pasar Giwangan Yogyakarta, Selasa (25/7).

Menurutnya, pekan lalu sebelum kenaikan harga BBM daging ayam sudah naik dari Rp 26 ribu menjadi Rp 27 ribu. Paska kenaikan harga BBM, harga daging ayam broiler tersebut meningkat signifikan. "Kalau mau lebaran bisa jadi sampai Rp 30 ribu," ujarnya.

Pasalnya kata dia, meski harga mahal namun permintaan akan daging ayam pada puasa dan lebaran diperkirakan akan meningkat. Dengan begitu kata dia, harganya juga naik.

Berbeda dengan pedagang daging ayam. Pedagang tahu dan tempe di pasar tersebut tidak berani menaikkan harga produksinya. Mereka justru mengurangi ukuran produknya, namun harganya tetap. "Kalau dinaikkan sulit, nanti konsumen komplain. Mending ukurannya kita perkecil," jelas Tanto (27) pedagang tahu tempe di pasar Giwangan Yogyakarta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement