Sabtu 22 Jun 2013 14:19 WIB

Kantor Pos Tegal Alur Jakbar Salurkan BLSM ke 5.612 Warga

Petugas PT Pos Indonesia melayani seorang warga  di Kantor Pos yang mengambil dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp300 ribu untuk jangka dua bulan.
Foto: ANTARA FOTO
Petugas PT Pos Indonesia melayani seorang warga di Kantor Pos yang mengambil dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp300 ribu untuk jangka dua bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kantor Pos Cabang Tegal Alur, Kamal, Jakarta Barat, menyalurkan bantuan kepada 5.612 oemegang kartu perlindungan sosial  (KPS) untuk bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Jumlah tersebut terbagi dalam dua kelurahan yakni Kelurahan Tegal Alur sebanyak 2.944 KPS dan Kelurahan Kamal sebesar 2.668 KPS.

"Daerah sini, paling padat karena kehidupan ekonomi nelayan menengah ke bawah," kata Kepala Kantor Pos Cabang Tegal Alur Zulkifli saat ditemui di Jakarta, Sabtu (22/6).

Menurut dia, di dalam kartu perlindungan sosial itu ada tiga hingga empat nama anggota keluarga yang berdasarkan kartu keluarga terdaftar di tiap kelurahan masing-masing.

Ia menjelaskan alur pembagiannya, warga pemegang KPSl datang ke kantor pos cabang terdekat dengan membawa foto copy kartu keluarga (KK) serta kartu tanda penduduk (KTP). Kedua, mendaftarkan nama dan ambil nomor antrean.

"Setelah mengambil nomor antrean lalu ke loket verifikasi yang akan digantikan dengan nomor pengganti untuk mengambil uang. Terakhir, setelah mendapat nomor pengganti untuk mengambil uang datang ke loket pembayaran dan akan langsung disalurkan BLSM tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan mereka yang mengambil BLSM tidak harus kepala keluarga rumah tangga bisa diwakilkan oleh ibu maupun anaknya dengan syarat membawa KK dan KTP serta namanya itu ada di kartu perlindungan sosial (KPS).

Ketika disinggung mengenai kemungkinan penyaluran ganda , ia menjamin tidak akan ada pembayaran hingga dua kali karena sistem di kantor pos sudah online dan terjamin. "Jadi untuk Kantor Pos cabang Tegal Alur yah hanya kelurahan Tegal Alur dan Kamal saja, jadi untuk kelurahan lain yah tidak bisa karena sistemnya itu sudah online," ujarnya

Agar penyaluran BLSM berjalan dengan baik, lanjut dia, maka ditugaskan 10 orang dalam operasionalnya. Dalam penyaluran ini, Menteri Perindustrian MS Hidayat datang untuk memantau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement