Senin 17 Jun 2013 20:01 WIB

Bersih dari Parkir Liar, Lalin Jatinegara Lancar

Rep: Hannan Putra/ Red: Djibril Muhammad
Pasar Jatinegara
Foto: blogspot.com
Pasar Jatinegara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dinas Perhubungan DKI Jakarta serius melakukan penataan parkir secara menyeluruh di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Usai memberikan sosialisasi kepada masyarakat, penertiban parkir liar dan pelarangan angkutan umum yang biasa berhenti di sekitar kawasan tersebut kini sudah ditertibkan.

Pantauan Republika, Senin (17/6), terlihat beberapa motor dan mobil milik Dinas Perhubungan tampak berjaga-jaga di pertigaan Pasar Jatinegara. Di atas mobil juga terpampang billboard berlampu bertuliskan 'Mulai 17 Juni 2013 dilarang parkir pukul 06.00 sampai 20.00 WIB Kecuali hari Sabtu dan hari libur pada ruas jalan Jatinegara Timur. Silakan parkir di Gedung PGC, Stasiun Kereta Api Jatinegara, Pasar Jatinegara, Pasar Batu Aji.'

Beberapa petugas Dinas Perhubungan tampak sibuk berpatroli dan bersiaga jika masih ada pengendara yang usil memarkir kendaraannya. Sebahagian mereka juga memberikan edukasi kepada mereka yang belum tahu.

Terlihat juga petugas yang sibuk memotret ruas jalan yang sudah lancar dan tertib untuk mendokumentasikan keberhasilan mereka dalam menertibkan lalu lintas.

Kepala Seksi Pelayanan Parkir Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Hendriko Tampubolon mengimbau kesadaran masyarakat untuk tidak lagi menjadikan bahu jalan sebagai tempat parkir.

Pengendara yang bertujuan mengunjungi Pasar Jatinegara hendaknya menentukan tempat di mana mereka akan berbelanja atau melakukan kegiatan, sehingga mereka bisa memarkir kendaraan di tempat terdekat yang telah disediakan.

"Kalau melihat situasi dari pagi tadi, saya rasa masyarakat sudah banyak mengetahui. Terlihat dari tidak banyaknya pelanggaran yang ada," kata Hendriko kepada Republika.

Menurut Hendriko, sosialiasi intensif yang sudah dimulai dari seminggu yang lalu sudah hampir dapat memahamkan masyarakat, di mana terhitung 17 Juni sudah tidak diperbolehkan lagi parkir di sepanjang ruas Jalan Raya Bekasi Barat.

Menurut dia, masyarakat sendiri sudah banyak yang memindahkan parkir kendaraannya di tempat yang disediakan tanpa arahan dari petugas.

Hendriko dan beberapa pejabat di Dinas Perhubungan terjun langsung ke lapangan dan ikut serta memonitor jalannya lalu lintas. Walau cuaca mendung dengan hujan gerimis tak mengurungkan niat mereka untuk terus memantau arus lalu lintas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement