Senin 10 Jun 2013 23:04 WIB

Dahlan dan Gita Diperkirakan Sulit Jadi Capres

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Prof Iberamsjah
Foto: Antara
Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia, Prof Iberamsjah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Iberamsjah, berpendapat Dahlan Iskan dan Gita Wirjawan akan sulit menjadi bakal calon presiden untuk pemilu 2014 karena semua partai politik sudah memiliki kandidat internal.

"Mereka (Dahlan Iskan dan Gita Wirjawan) agak sulit karena tidak mempunyai 'kendaraan' untuk maju sebagai bakal capres," kata Iberamsjah kepada Antara di Jakarta, Senin (10/6).

Menurut dia, pencitraan dan kinerja positif kedua orang tersebut di dalam pemerintahan hanya diperoleh dari hasil survei di masyarakat. Namun, menurut dia, partai-partai politik akan sangat kuat untuk mendukung bakal capres dari internalnya, sedangkan konvensi pun tidak akan benar-benar mencari kandidat yang diinginkan masyarakat.

"Misalnya Partai Demokrat hendak mengadakan konvensi, itu hanya bohongan saja. Artinya mereka (Dahlan dan Gita) tidak memiliki 'kendaraan', sementara jalur independen (untuk kepresidenan-red) pun belum diatur dalam konstitusi Indonesia," ujarnya.

Iberamsjah menjelaskan semua partai sudah memiliki kandidat bakal capres seperti Partai Golkar mengusung Aburizal Bakrie, PAN mengusung Hatta Rajasa, Partai Gerindra mengajukan Prabowo Subianto, dan Partai Hanura menjagokan Wiranto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement