Sabtu 08 Jun 2013 19:27 WIB

Sebelum Wafat Taufiq Kiemas Raih Tokoh Perubahan Republika

Rep: M Akbar Wijaya / Red: M Irwan Ariefyanto
Taufik Kiemas dan Muhammad Thohir pada malam penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2012 di Jakarta, Selasa (30/4).
Foto: Yasin/Republika
Taufik Kiemas dan Muhammad Thohir pada malam penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2012 di Jakarta, Selasa (30/4).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebelum wafat, Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menerima penghargaan Tokoh Perubahan 2012 Republika. Taufiq dinilai berjasa sebagai orang yang tetap menjaga pilar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dalam pidatonya "Merawat Jembatan Emas Indonesia" Taufiq sempat menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

Menurutnya, empat pilar kebangsaan merupakan keniscayaan yang dimiliki Indonesia. Empat pilar kebangsaan, menurutnya,  muncul karena empat pilar kebangsaan yang melahirkan Indonesia. "Kita harus menjaga empat pilar," ajaknya.

Taufiq menyatakan keberagaman merupakan hal penting dalam kehidupan berbangsa dan negara. Kesadaran keberagaman mejadi jaminan bagi hak azasi.  "Tanpa keberagaman tak mungkin ada nasionalisme," ujar Taufiq.

Taufiq melihat Indonesia sebagai negara yang menakjubkan. Menurutnya Indonesia sebagai negara besar berhasil menjaga persatuan dan kesatuan. Suku dan agama tidak menjadi alasan bagi Indonesia terpecah belah. "Banyak negara hanya memiliki satu dua agam pecah belah. Terimakasih Republika," katanya.

Penghargaan Tokoh Perubahan 2012 Republika diserahkan langsung Erick Tohir dan Pemimpin Redaksi Republika Nasihin Masha. Hadir juga Megawati Soekarnoputri mendampingi Taufik Kiemas.

Pada acara malam itu, Taufiq masih terlihat bugar saat melihat-lihat foto-foto Tokoh Perubahan Republika, yang dipajang di acara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement