Kamis 30 May 2013 11:40 WIB

Sutan Bathoegana: Timwas Century Sudah Melenceng, Bubarkan Saja!

Rep: Ira Sasmita/ Red: Citra Listya Rini
Sutan Bathoegana
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Sutan Bathoegana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi Partai Demokrat, Sutan Bathoegana berpendapat Tim Pengawas Century sudah melenceng. Ia menyarankan sebaiknya dibubarkan saja. Timwas kasus Bank Century itu dinilai hanya jadi ajang untuk melakukan politisasi dan panggung bagi pihak-pihak tertentu.

"Jadi disetop saja, sudah melenceng semua itu. Enggak ada hasilnya," kata Sutan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (30/5).

Timwas Century dinilainya sudah keluar dari rel ketika memanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membeberkan hasil investigasi mereka. Menurut Sutan, KPK tidak wajib melaporkan hasil penyidikan mereka kepada timwas. Lantaran Timwas Century hanya berfungsi sebagai badan pengawas.

Beberapa kali Timwas Century memanggil tokoh seperti Antasari Azhar, Jusuf Kalla, hingga Robert Tantular, menurut Sutan tidak ada hasilnya. Bagi kemajuan penyelidikan kasus century. 

"Kecuali politisasi supaya orang itu ngetop, supaya terpilih lagi. Rakyat sudah ngertilah, ini politisasi untuk kepentingan pemilu," ujar Ketua Komisi VII DPR RI ini.

Karenanya, Sutan menilai langkah Timwas Century yang berencana memanggil KPK secara paksa tidak tepat. Alih-alih memanggil KPK, Sutan menyarankan pekerjaan timwas dikembalikan saja ke Komisi III DPR RI. Karena KPK merupakan mitra kerja Komisi III DPR RI. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement