Selasa 28 May 2013 09:46 WIB

Tentara Dilatih Asing Harus Kembali Diindroktinasi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: A.Syalaby Ichsan
TNI AD - ilustrasi
Foto: antara
TNI AD - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I DPR RI Saifullah Tamliha meminta agar tentara yang sudah dilatih tentara-tentara asing di luar negeri, seperti di Amerika harus diindoktrinasi lagi saat pulang ke Tanah Air.

Indoktrinasi kembali perlu dilakukan untuk meningkatkan rasa cinta kepada Tanah Air dan mengurangi pengaruh asing.

Beberapa tentara yang dilatih  di negara asing,  ujar Saifullah, ada kemungkinan memiliki hubungan personal, bahkan mungkin mempunyai jaringan. “Ini mungkin menjadi salah satu penyebab pemerintah yang terkesan lambat dalam menangkap agen-agen asing yang berada di dalam negeri,”ujarnya, Selasa (28/5).

Hubungan personal yang kuat antara tentara yang pernah dilatih asing dengan pelatihnya di negara asing, kata Saifullah,  membuat mereka merasa tidak nyaman jika harus menangkap agen-agen asing. Ini perlu dihilangkan sebab kepentingan negara itu jauh lebih diutamakan.

Sebenarnya, lanjut Saifullah, agen asing itu tidak harus orang asing. Orang lokal juga bisa menjadi agen asing jika ia bekerja untuk  kepentingan asing. Makanya pemerintah harus berani menindak tegas para agen asing yang berada di Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement