Jumat 17 May 2013 03:13 WIB

Yuk Berkunjung ke Museum, Ini Acara yang Seru

Museum tekstil
Foto: beritajakarta.com
Museum tekstil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk memperingati Hari Museum Internasional 2013, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta berencana menggelar Jakarta Festival Museum Day (JFMD). Kegiatan tahunan ini akan diselenggarakan di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (18/5) mendatang. Sebanyak 45 museum di Jakarta akan bergabung dan ikut serta menyemarakkan kegiatan ini.

Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, jumlah peserta Museum Day tahun ini terdapat 45 museum, meningkat dibanding penyelenggaraan tahun lalu yang hanya diikuti 43 museum. "Di Jakarta terdapat 53 museum, tapi tahun ini yang ikut serta hanya 45 museum," ujar Arie, di Balaikota DKI Jakarta, seperti dilansir situs beritajakarta.

Ke-45 museum itu diantaranya, Museum Tekstil, Museum Taman Arkeologi Onrust, Monumen Nasional (Monas), Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Balai Konservasi, Unit Pengelola Kota Tua, Museum Al Quran PTIQ Lebakbulus, Museum Perumusann Naskah Proklamasi, Museum Tragedi 12 Mei Universitas Trisakti, dan Museum Bahari.

Nantinya, kata Arie, acara ini juga akan diramaikan dengan beberapa pertunjukan kesenian maupun budaya seperti, pementasan Wayang Kulit Banyumas semalam suntuk dengan dalang Ki Anom. 

Arie mengatakan, festival tahun ini juga akan diisi oleh berbagai kegiatan menarik lainnya seperti, bincang-bincang museum, lomba fotografi, lomba stand up komedi dan lain-lain. "Festival ini gratis. Jadi, silakan masyarakat berbondong-bondong mengunjungi acara ini," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement