Jumat 10 May 2013 12:32 WIB

Tadi Pagi Umat Muslim Bandung Gelar Shalat Gerhana

Gerhana Matahari Cincin.
Foto: TheAge
Gerhana Matahari Cincin.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Umat Islam di kawasan Bandung selatan, pada Jumat pagi, menggelar Shalat Gerhana Matahari di mesjid di lingkungan masing-masing.  "Shalat gerhana di Masjid Agung Bandung dilakukan tadi diikuti jamaah setelah Shalat Subuh," kata Mustopa, pengurus DKM Masjid Raya Jabar.

Gerhana matahari yang terlihat di sebagian wilayah Jawa, terjadi mulai pukul 06.00 WIB di mana matahari yang baru terbit hanya terlihat sepertiga bagian.

Sementara itu cuaca di kawasan Bandung selatan yang sejak pukul 05.30 WIB cukup cerah, menjadi seperti berkabut pada gerhana matahari sebagian terjadi.

Suara Takbir dikumandangkan dari masjid-masjid sebagai tanda terjadinya fenomena alam yang menunjukkan keagungan Allah SWT. "Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang menunjukkan keagunggan Allah SWT sebagai Maha Pencipta," kata Ustaz Iyep Diymati pimpinan DKM Al-Ikhwan di Ciparay Kabupaten Bandung.

Selepas shalat subuh, warga tetap berada di mesjid sambil berdoa dan dzikir. Sebagian warga keluar rumah untuk melihat munculnya matahari yang dua pertiganya terhalang bayangan bulan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement