Senin 06 May 2013 20:06 WIB

Wali Kota Makasar: Ahmad Fathanah Kirim Uang ke DPW PKS Sulsel

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Heri Ruslan
AF (Ahmad Fathanah) yang merupakan orang dekat dari Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, memasuki mobil tahanan usai diperiksa KPK, Jakarta, Kamis dini hari (31/1).
Foto: Antara
AF (Ahmad Fathanah) yang merupakan orang dekat dari Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, memasuki mobil tahanan usai diperiksa KPK, Jakarta, Kamis dini hari (31/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa  Wali Kota Makasar, Ilham Arief Sirajuddin sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) tersangka Ahmad Fathanah.

Ia mengatakan ada aliran uang dari Fathanah ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan dan Sejahtera (PKS) Sulawesi Selatan. "Dana Pilgub Sulses yang ditranfer ke DPW (PKS) itu dari AF," kata Ilham Arief yang ditemui usai pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (6/5).

Ilham merupakan Calon Gubernur Sulsel yang diusung beberapa partai, termasuk PKS. Namun dalam Pilgub tersebut, ia kalah dari Gubernur Sulsel  incumbent  Syahrul Yasin Limpo. Saat Pilgub Sulsel, ia berhubungan kembali dengan Fathanah.

Menurutnya, Fathanah merupakan salah satu tokoh besar di Sulsel. Ia kenal dengan Fathanah juga sudah lama. Fathanah juga kerap berhubungan dengan tokoh-tokoh PKS di Sulsel.

Ia juga meminta Fathanah untuk menjembataninya dengan tokoh-tokoh PKS tersebut. Namun ia membantah jika ada aliran uang antara Fathanah ke rekening miliknya. Akan tetapi ia mengakui aliran uang dari Fathanah mengalir ke DPW PKS Sulsel. Ia juga mengaku baru mengetahui kasus TPPU Fathanah.

"Fathanah ngirim (uang) ke PKS. Aliran duit ke saya nggak ada. Fathanah memberikan dana ke DPW (PKS), tanya saja ke DPW-nya," tegasnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement